Jumat, 26 April 2013

DT&R FS Level I School


Sekolah itu belajar, sekolah itu berinteraksi, sekolah itu saling memahami, sekolah itu bermain, sekolah itu mencerdaskan, sekolah itu bergembira, sekolah itu bertukar pengalaman.

Yap, sekolah itu seperti yang saya tulis diatas. Siapa yang gg gembira pergi sekolah? Ketemu teman-teman, bermain, berinteraksi, bonusnya jadi cerdas pula atau kalo beruntung dapet pacar. wkwk
*sayangnya ane golongan apes buat yg terakhir* :p

Kalau ada siswa/mahasiswa yang bilang "bosan disekolah/kampus", dia pasti belum ngerasain gg ada tempat yang lebih menyenangkan untuk ketemu tiap hari sama teman-teman dibanding sekolah/kampus, gg ada tempat yang lebih mudah untuk mendapatkan banyak sahabat dan bersosialisasi seperti sekolah/kampus, gg ada tempat dimana kamu bisa bebas berekspresi tanpa merasa terkekang seperti di sekolah/kampus (cz kalau sudah kerja kan otomatis ngikutin aturan employer nya, dan apa yg kamu kerjakan ditentukan oleh orang lain).


Dan sekolah itu membuat kita belajar mengenal, memahami, bertoleransi, kemudian menentukan cara terbaik untuk berinteraksi. 


Sebagian bilang juga sekolah itu adalah hidup kita sendiri. :)

Setelah ngabisin berabad-abad (alay) buat namatin sekolah mulai TK-SD-SMP-SMA-Kuliah. Akhirnya saya bisa sekolah lagi, bahkan dengan kondisi yang gg pernah saya bayangkan sebelumnya. Sekolah dengan murid dan pengajar dari berbagai belahan dunia ! 
Can you imagine that?

Kayak judul diatas, sebenarnya ini bukan pendidikan formal si, semacam training buat newbie ditempat kerja. Tapi course-nya pakai embel-embel "School". Karena memang semuanya mirip banget dengan sekolah sebenarnya. Tempat belajarnya disebut kampus (Sugarland kampus), punya pengajar khusus (instruktur), ada ujian, ada PR, ada kurikulum, ada DO nya juga (2 "strikes" = release). 
At Sugarland campus


Spesialnya karena sekarang sekolahnya kudu nyebrang benua, ke USA, negara bagian Texas. Spesialnya lagi muridnya di kelas 12 siswa representatif dari 9 negara berbeda (Rusia, Belanda, Indonesia, Gabon, Tanzania, India, Kongo, Kamerun, Ekuador), dengan latar belakang experience berbeda, dengan rentang usia yang menarik (21-40an tahun), dan dengan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda pula.

Gimana? Keren kan? 

Classmates
Yang paling menarik bagaimana saya berupaya mengenal & berinteraksi di lingkungan yang super majemuk ini. Hasilnya didapati kelas masih terkotak-kotak. Yang dari benua Afrika kumpulnya sama yang dari sesama Afrika juga (umumnya bahasa di Afrika mereka pakai bahasa Prancis karena dulu merupakan koloni Prancis), gitupun yang dari Ekuador dan Indonesia termasuk saya juga si. Mungkin karena lebih enak aja ya ngomong dengan bahasa Ibu sendiri, dan yang gg punya tandem dari negaranya a.k.a berangkat sendirian mereka juga kompak sebagai sesama gg punya tandem (Yg dari Rusia, Belanda, India).

Gg jarang beberapa siswa menunjukan egoismenya selama course, contoh ; kadang ada menunjukan ekspresi semacam "ngece" kalau ada teman-teman yang ngajukan pertanyaan dikelas, mungkin merasa udah ngerasa experience dibanding teman penanya tadi yg bener-bener baru masuk di Oil & Gas Industry. Atau kalau ada yang terlambat bakalan diomelin, karena bus nya dari Hotel ke Kampus bareng-bareng (termasuk ane si suka ngomel kalau ada yang telat). Yang paling keterlaluan waktu ada yang bersikap bossy di doghouse rig, sampai teriak-teriak dan misuh (misuh pake fuck dkk tentunya ya bukan jancukers suroboyoan, haha) ke sesama teman, padahal di ingatin aja cukup kali ya kan namanya juga lupa, waktu itu pas giliran grup 2 posisi kudu diluar karena doghouse-nya driller cuma ruangan kecil. 
Bus "sekolah", jemputan pulang pergi


Tapi so far semua baik kok, saling terbuka soal informasi atau pengetahuan, diajak ngobrol asik-asik aja, dan layaknya cowok lah ya gg rempong kalau ada masalah, masalah kemarin ya kemarin aja. saya sendiri akrabnya sama teman dari Ekuador, si Hugo dan Guilermo.

Yang kedua soal course-nya itu sendiri, bayangin deh jauh-jauh ke US dengan biaya course yang mahal (course-nya aja bukan tiket PP, denger2 sampai sekian puluh ribu dollar) mereka tetep gg sungkan-sungkan DO kalau ada yang fail di ujian, dan DO itu berarti pas pulang ke negara asal bakalan di release kantor juga. Hell ya. 

Pas pertama datang dulu temen sesama anak Indonesia, tp beda kelas, "menyambut" dengan kata- mutiara semacam "awas lo temen gw udah 2 di-release karena fail ujian", "gw kurang tidur ni gara2 banyak banget yang dipelajari". Neror banget deh ya. Haha

Instruktur utama kita super banget orangnya, beliau, Mr. Trygve Berthelsen merupakan Fisherman senior yang selalu sabar jelasin step by step materi selama course, helpful banget, dan experience-nya yang udah gg usah diragukan lagi. Banyak temen bilang juga kita beruntung karena selain beliau baik banget juga bahasa Inggrisnya jelas didenger buat telinga-telinga rada bebal kayak gini, Haha.

Beda sama Instruktur lain kayag John Crabb yang American, ngomongnya cepet banget, agak susah kalau jelasin masalah teknikal gitu, karena kita perlu sambil mikir tp dia-nya gg pakai koma jelasinnya, maen cas cus cas cus aja. Oya kita punya 3 Instruktur satu lagi orang Venezuela tapi lupa namanya. Hehe

with Trygve Berthelsen

with classmate and John Crabb ketiga dari kanan

Selama course kita banyak keliling Texas, mulai dari Houston yang big huge city, sampai ke Cameron yang "levelnya" town dengan penduduk cuma sekitar 5000 orang. Keliling Houston juga si mulai dari downtown-nya sampai daerah industri kayak Rankin, Sugarland, atau kota kayak Katy.

Rankin road

Dan finally, setelah 4 minggu terdiri dari 1 minggu workshop job, 3 minggu Rig job, 6 Tests, 4 kali pindah hotel, 3 minggu breakfast sama scramble egg, 2 minggu gg mandi sore karena dingin, akhirnya kami sekelas dinyatakan lulus dalam perayaan graduation kecil-kecilan di Rankin. 
graduation certificate
Dan dihari terakhir juga dapat kesempatan ketemu dan diskusi dengan Dean Watson, President of Schlumberger Drilling group.

Sekali lagi di lingkungan super majemuk gini gg lupa promosiin Indonesia dong, salah satu caranya dengan pakai Batik dan tentunya kasih performa terbaik dikelas.

with Mark Lee, Training Manager, Batik is Indonesia


Well, this is not gonna be the last class karena bakalan ada next level school yang harus diikuti lagi segera. And I hope i'm ready soonest for that moment :)

4 komentar:

  1. envy sumpah..! semoga aku bisa seberuntung km pin. amin.. :p

    BalasHapus
  2. aih keren, selalu bermimpi bisa study abroad, tapi belum nyampe-nyampe sampe sekarang, semoga nanti :')

    BalasHapus
  3. Hai Nopi, Thx for visit. Iya semoga bisa, semangat!

    BalasHapus