Rabu, 12 Maret 2014

Tujuan

Kalo sekedar hidup, babi hutan juga hidup.
Kalo sekedar kerja, monyet juga kerja.


Sudah pernah sebelumnya pasti pepatah diatas kita dengarkan, tapi sudah pernahkah pepatah diatas kita renungkan?

Lalu apa yang bisa membuat kita berbeda dari si babi hutan dan monyet yang dijadikan contoh tersebut?

Kalau jawabannya pikiran, tentunya sebagai manusia kita diberi pikiran. Nah pikiran kita ini jelas lebih canggih daripada milik si monyet ataupun babi hutan lebih-lebih. Tapi sudahkah kita memanfaatkan pikiran lebih dari si monyet dan babi hutan tersebut?

Inilah perlunya membuat nilai tambah. Manusia yang berakal memanfaatkan akalnya untuk menciptakan keteraturan, membuat solusi atas permasalahan dan bertindak atas dasar kebenaran (entah berdasar nalar maupun agama).

Tapi yang namanya manusia bisa khilaf juga. Kalau ada yang melakukan perbuatan tercela dalam wujud manusia, berarti dia mengutamakan nafsu diatas pikiran, kalau sudah seperti itu masa iya itu masih manusia? Toh tiada beda dengan binatang yang bertindak atas dasar nafsu.

Maka itulah pentingnya menemukan tujuan dalam hidup ini, kalau "tujuan" terlalu sulit didefinisikan, maka sebut saja mencari "cita-cita", kalau cita-cita juga masih terlalu sulit, maka sebut saja mencari "ambisi", kalau ambisi masih tidak dapat dibayangkan, maka dari itu pikirin sendiri.

Tapi bikin cita-cita juga jangan yang gampang-gampang, bikin yang agak sulit tapi logis dan kalau bisa spesifik baik objek maupun time frame-nya. Misal : Tahun 2016 nanti melamar  Ibu Lurah.
Nah ini contoh cita-cita yang spesifik, tapi sayangnya ga logis. Kenapa ga logis? Masa iya Bu Lurah dilamar, ntar Pak Lurah gimana nasibnya?

Maka kalau itu yang terjadi dengan anda, segera koreksi sesuai syarat yang saya tuliskan diatas. Misal gantilah menjadi : Melamar anak Bu Lurah, si Melati yang masih gadis pada 2016 nanti.

Ini bagus. Sudah logis dan spesifik bahkan menyebut nama segala.
Yang kurang cuma ngaca aja, pantes ga? Huehehehe..

Bercanda Gan, intinya mulailah "memaksa" badan kita ini untuk bertindak diatas rata-rata, asalkan jelas ada tujuannya. Jangan mau sekedar hidup tapi tanpa tujuan.

Demikian yang bisa saya tulis hari ini, kalo ga berbobot ya maaf. Iseng aja Gan maklum.

18:30 wita Adzan Maghrib berkumandang di kantor, waktunya menghadap ke "tujuan akhir" dulu.
Semoga bermanfaat & terhibur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar