Jumat, 08 Maret 2013

USA Visa

Beberapa hari yang lalu ada temen kantor yang baru join minta bantuan untuk apply visa USA, kebetulan karena aku sudah punya jadi sedikit bisa membantu. Aku sempat ceritakan proses bikin visa mulai dari A-Z. Tapi berhubung waktu itu gg sempat cerita lama karena aku sendiri juga mau berangkat nge-job akhirnya cuma tukeran nomer HP aja biar bisa tanya-tanya. 

Tapi kayagnya dia kesulitan sampai kudu bolak-balik nelpon dan sms. Terinspirasi dari situ akhirnya aku kepikiran buat share suka duka *lebay* bikin visa ke kalian. Oya harusnya ceritanya mulai dari paspor dulu ya, tapi aku agak lupa urutannya bikin paspor karena itu long time ago pas jaman mahasiswa galau tugas akhir dulu, jadi ceritanya briefly aja ya. Oya ini bukan panduan loo karena gg detail dan cuma "seingat" aku, cuma share pengalaman aja khususnya yang visa karena tujuan negara beda proses juga beda mungkin ya, dan walaupun negaranya sama tapi kalau tujuan kedatangan berbeda juga syaratnya juga bakal beda, so scoop aku cerita khusus visa USA tujuan bisnis (B1/B2) aja ya ntar.

Untuk paspor bikinnya gg susah2 banget. Jangan bayangin bikin paspor bakalan ribet, dipersulit dan banyak calo kayag ngurus tilang *ups*. Sepengalaman aku waktu ngurus di kota Malang gg susah kok, tapi tu Malang lo ya gg tau deh kota lain. Syarat yang harus dibawa antara lain dokumen asli dan copy Akta kelahiran, Kartu keluarga, KTP dan buku nikah. 

*Tenaaang tu buku nikah buat yg udah nikah, lagian kalo kamu jomblo gg bakal dimintain surat keterangan jomblo jg kok :p *

Selanjutnya datanglah ke kantor imigrasi dengan muka melas biar petugasnya kasian sama kamu *recomended*, tp jangan terlalu melas juga ntar dikira imigran gelap :p , datang ke loket pembuatan paspor baru disana bakal dikasi form untuk permohonan, beli map kuning *kalau g salah* dikoperasi deket  kantor situ terus kumpulin. Permohonan kamu bakal diproses dan dikasih nomer antrian bertuliskan semacam  "kembali lagi tanggal sekian". Nah selanjutnya kalian harus bener-bener balik, jangan sampai gg balik yaa :p . 

Datanglah pada hari yang dijanjikan, ambil nomer antrian, lirik kanan-kiri sapa tau ada yg cantik sambil nunggu dipanggil, setelah dipanggil kamu bakal di poto kemudian di wawancarai. Tapi sebelumnya bayar dulu ongkosnya yaa di loket pembayaran.

Setelah itu ya tinggal ambil paspornya selang beberapa hari, oya kalian harus benar-benar pikirkan tujuan pembuatan paspor karena itu point penting wawancara. Ongkosnya sekitar Rp. 300.000,00 *tanpa calo* kalau gg salah pada saat itu ya (Juli 2012).

Mengenai visa USA, kamu bisa masuk ke link INI untuk apply DS160, pilih kota dimana kamu ingin melakukan wawancara, either surabaya atau jakarta, waktu itu aku bikin di jakarta, alamatnya ambassy di Jl. Medan Merdeka Selatan dekat tugu kereta kuda itu. Jangan lupa catet application ID kalian karena suatu saat kalian mungkin butuh retrieve app kalian. Kemudian isi semua hal disana mulai dari complete-photo-review-sign. Yang most important maybe jadwal kedatangan dan pulang, biaya hidup disana, tujuan kesana, dan tempat yang dituju harus jelas yaa. Setelah complete DS160 kalian bakal dapat email notif berisi form app kalian yg sudah diapprove/sign pihak ambassy, print dengan kualitas gambar yang bagus *karena ada barcode disana* kemudian datang ke ambassy dan bikin schedule wawancara. Gimana persisnya itu aku juga gg ngerti karena pembayaran (Rp 1.600.00,00) dan schedule diuruskan Carlson Wagonlit Travel, agen travel langganan perusahaan.

Setelah dapat schedule wawancara atau appoinment letter, print DS160, poto terbaru 5x5 background putih, paspor, sponsor letter akan sangat membantu tapi kudu yang perusahaan yang sudah di-list ambassy nya karena selain dari yang diapprove dan terdaftar di sistem mereka akan kurang kuat. Masalah kalo kamu berkerudung karena harus menunjukan telinga, gg harus lepas kerudung, tapi poto menunjukan telinga, secara telinga bagian aurat juga so think it ya buat yg berkerudung. 

And datanglah ON TIME kesana karena mereka cuma ngelayani peserta wawancara masuk ambassy sampai jam 10 pagi. So pastikan kamu  gg telat, kepagian gg masalah. Pengalaman pahit, aku 3 kali datang interview sampai akhirnya ketiga baru diterima, yang pertama ditolak karena kualitas printer yang jelek *gg print warna* sehingga barcode gg kebaca, kemudian dikasih lembar biru bertuliskan reshedule tanggal sekian jam sekian. Yang kedua datang lagi dan ternyata mereka gg nemu application aku di sistem meskipun jelas2 aku bawa DS160 yg udah di sign. Menurut aku ini karena setelah kegagalan yang pertama mereka close app aku tp gg konfirm kalau aku harus buat baru, waktu itu cuma nge-print ulang app yang lama aja. So note it : "it's important to make sure your barcode is readeble!"

Oya, sebelum masuk Ambassy kamu bakal ngerasain penjagaan yang ketat tapi tetep friendly as long as kamu cooperative. Mereka gg ijinin HP, Tas, Elektronik, atau apapun yang gg ada hubungannya sama wawancara visa masuk kedubes, harus dititipkan di loker, just your form/documents and a pen maybe. Oya loket yang bakalan kalian lalui ada 3 : loket penjagaan, mulai dari pintu "gerbang" kedubes sampai tempat pemeriksaan barang --> loket pemeriksaan dokumen, disini mereka memeriksa dokumen kalian, kalo gg complete ya bakal disuruh lengkapin dan dikasih "receipt" bertuliskan jadwal harus kembali, disinilah aku gugur 2 kali T.T ---> Next ya wawancara itu sendiri, disini kalian akan dibagi jadi kelompok berisi 10 orang kurang lebih dan masuk per kolompok. Setelah diminta sidik jari kamu bakalan dinterview sama orang Amerika, 5 orang kalau gg salah *berarti 5 loket wawancara, bukan wawancaranya lo yang 5 kali*. Gg bisa bahasa Amerika? Don't worry karena meskipun mereka orang Amerika mereka pakainya bahasa Inggris :p , Gg bs bahasa Inggris? Jangan cemas mereka fasih bahasa Indonesia. Gag bisa bahasa Indonesia? Jangan-jangan kamu bisu --"

Point pertanyaannya ya gg jauh-jauh dari "mau apa kesana? ngapain? berapa lama?" sampai mereka dapat jawaban yang jelas, jangan jawab bertele-tele. Ada sponsor letter akan sangat membantu ditahap ini karena kalau perusahaan anda masuk sistem mereka itu semacam "garansi" anda lolos wawancara, juga visa akan berlaku lebih lama, tanpa sponsor letter cuma setahun tapi yang punya aku berlaku 5 tahun (2013-2018). Setelah dianggap lolos wawancara anda akan langsung diberitahu kalau mereka menerima anda sebagai tamu di negaranya ataukah harus mengulang lagi.

Nah kalau lolos kamu akan dipersilahkan mengambil pasport yang sudah ada visa nya di drop box mereka di daerah Casablanca-RPX. Waktu itu aku yang ngambilin agen dari kantor. Visa akan ditempel disalah satu page paspor kamu. Itu tadi cerita singkat *apanya panjang gini--" * dari aku seputar USA visa dan paspor.

Bagi kamu yang mau jalan keluar negeri sedikit tips dari aku : "Anda adalah duta bangsa, tidak peduli seberapa tidak puas kamu terhadap negeri ini, jangan pernah ceritakan kejelekannya!! Bawa sedikit kenang2an khas Indonesia untuk yang anda jumpai disana, ceritakan kalau negeri kita adalah negeri makmur dengan orang-orang toleran yang ramah. Toh anda tidak berbohong, karena bumi pertiwi kita memang kaya dan anda memang ramah lagi toleran"  :D



NB : Jangan bilang NoPict = HOAX yaa, masa aku kudu upload poto visa ku dalam keadaan yang tidak ganteng maksimal :p

3 komentar:

  1. yeeeekk,, opo ae pin kepin..
    sepurane aku gak mbaca dari atas, emang sengaja pengen liat gambar alias fotomu..

    tapi wes onok NB ne.. -________-

    #ASEEMM... :p

    BalasHapus
  2. iya ni tulisannya acak2n ya gg enak dibaca. maap Ka sibuk kerja jd nulis disempet2in di waktu luang seadanya.
    brr, km kan punya poto wisuda aku :p

    BalasHapus
  3. hahah gak opo2,, kamu sek sempet nulis ini udah bagus, pakek apa km posting tulisan iki?? wifi a, pasti joz wifine.. :o

    hee, foto wisuda??? oh yang salaman sama pak tundung, kwkwk

    BalasHapus